Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah
Main Article Content
Abstract
This paper discusses the efforts to increase the competence of teachers through a system of principal leadership. Leadership is an attempt to influence others to do the activity in order to achieve a common goal. Leadership has a strategic role in determining whether or not an organization forward. As supreme leader, the principal has a duty and a vital role in improving the quality of human resources in it. In order to realize the quality of human resources professionals, principals must have the appropriate strategy; educational supervision, education and training, provision of motivation continue, changes in work culture, so that teacher competence as a basic element of education can be realized. The competencies include; pedagogical competence, personal competence, social competence and professional competence.
Article Details
References
Baharun, Hasan. "Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam.†At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol.5. No.2, Juli, 2016.
________________. "Pemikiran Pendidikan Perspektif Filsuf Muslim, (Kajian Kritis terhadap Pemikiran Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal)." at-turas; Jurnal Studi Keislaman, Vol. 3, No. 1, 2016.
_________________. "Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah." Pedagogik; Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 2, 2015.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1989.
Departemen Pendidikan Nasional. Ttp: tnp., 2006.
Hadi, Djajusman. “Menyambut PP Guru Dosen dan Konsekwensinya.†Jawa pos. Kamis, 11 Mei 2006.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar baru, 2005.
______________. Sistem dan Prosedur Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, Bandung : Trigenda Karya, 2003.
Handoyo, Seger. “Pengukuran Servant Leadership sebagai Alternatif Kepemimpinan di Institusi Pendidikan Tinggi pada Masa Perubahan Organisasi.†Jurnal Makara, Sosial Humaniora, Vol. 14, No. 2, Desember 2010.
Herminingsih, Anik. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Budaya Organisasi, dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Dan Kewirausahaan.“ OPTIMAL, Vol. 5, No.1 Maret 2011.
http://www.voaindonesia.com/a/undp-indeks-pembangunan-manusia-indonesia-alami-kemajuan/3110936.html
http://zoelnayaries.blogspot.com/2011/05/perubahan-kebudayaan.html
Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan sukses dalam sertifikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007.
Mustofa. “Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia.†Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol. 4, No. 1, April 2007.
Nasution. Sosiologi Pendidikan. Bandung : Sinar Baru, 2001.
Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Pers, 2002.
Nurkholis. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta : PT Grasindo, 2003.
Odom, Summer F. et al. “Social Media Tools in the Leadership Classroom: Students’ Perceptions of Use Journal of Leadership Education,†Journal of Leadership Education. Vol. 12, Issue 1 – Winter, 2013.
Olivia, Peter F. Supervision for today’s School. New York : Logman, 1984.
Partanto, Pius A. dan M. Dahlan Al Barry. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya : Arkola, 1994.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2006.
_________________. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya, 2003.
_________________. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1995.
Rivai, Veithzal. & Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta : PT. Raja Grafndo Persada, 2012.
Soetopo, Hendiyat. & Wasty Soemanto. Kepemimpinan dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional, 2003.
_________________. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara, 2001.
Sudarwan. Menjadi Komunitas Pembelajar. Jakarta : Bumi Aksara, 2003.
Suderadjat, Hari. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Bandung : Cipta Cekas Grafika, 2004.
Tarsono,â€Pengaruh Kompetensi Manajerial, Supervisi dan Kewirausahaan Terhadap Kinerja Kepala MI Negeri Se Kabupaten Brebes,†Journal of Economic Education, Universitas Negeri Semarang, 2012.
Thoha, Miftah. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Tholkhah, Imam, dan A. Barizi. Membuka Jendela Pendidikan (mengurai akar tradisi dan integrasi keilmuan pendidikan Islam. Jakarta : Rajawali Pers, 2004.
Tim Cemerlang, UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Yogyakarta : Cemerlang Publisher, 2007.
UU No. 14 tentang Guru dan Dosen
UUSPN No. 20 Tahun 2003. Bandung : Citra Umbara, 2003.
Wahdosumidjo. Kepimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003.
Widiarochmawati, Niniek. “Kepemimpinan Kharismatik Wanita Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Tuban,†“Jurnal Prospektus, Tahun VII, I Nomor 1, April 2010.
Yukl, Gary. Leadership in Organizations. New Jersey : Englewood Cliffs, 1994.