Amtsal of the Qur'an and Its Relevance in Islamic Education
Main Article Content
Abstract
Di antara keunikan Al-Qur’an dalam menyampaikan pesan-pesan kehidupan menggunakan model penyampaian pesan yang singkat, mudah, dan jelas, untuk dipahami. Dan salah satu metodenya adalah melalui ungkapan MaÅ›Äl (perumpamaan). MaÅ›Äl digunakan untuk menjelaskan hal-hal yang sangat mendasar dan bersifat abstrak. Penggunaan metode Amtsal membantu seorang pendidik dalam menjelaskan materi pelajaran dan mendekatkan mereka kepada pemahaman dan penguasaan materi ajar. Persoalan-persoalan yang abstrak dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi konkrit, nyata, dan mudah dipahami. Dengan demikian, metode Amtsal membantu dalam menciptakan komunikasi yang menarik antara pendidik dan peserta didik. Pada sisi lain, metode Amtsal juga membantu pendidik dalam mengasah dan mengembangkan potensi akademik peserta didik, dan dari sini pula maka kegiatan pembelajaran menjadi menarik, menantang dan mendidik.
Article Details
References
Abdullah Nashih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Bandung: As-Syifa, 2006
Al-Suyuti, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an, Damaskus: Dar Ibn Katsir 1992
Lajnah Kemenag RI, Aplikasi Quran Kemenag in Word, 2019
Mahmud Yunus, Kamus Arab- Indonesia, Jakarta:Yayasan Penyelenggara Penerjemah/ Penafsir Al-Qur’an
Manna’ Al-Qaththan, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006
Manna’ Khalil Qaththan, Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Terjemah Mudzakir AS, Jakarta :
Litera Antar Nusa, 1993
Muhammad Chirzin, , “Khasha`is al-Amtsal fil Quran wa Aghradhuha wal-Maudhu’at allati ‘Alajathaâ€, Al-Jami’ah, UIN Sunan Kalijaga, Edisi 42/1, 2004
Nashruddin Baidan, Wawasan Baru Ilmu Tafsir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2011
Salahuddin Hamid, Studi Ilmu Al-Qur’an, Jakarta: Inti media Cipta Nusantara, 2002
Syahidin, Aplikasi Metode Pendidikan Qur’ani dalam Pembelajaran Agama di Sekolah, Tasikmalaya: Pondok Pesantren Suryalaya, 2005