ANALISIS LANDASAN KURIKULUM DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 SMP MUHAMMADIYAH 3 WARU

Main Article Content

agus widiyanto

Abstract

Abstracts: This study aims to provide a critical analysis of the Basic Framework (Curriculum Platform) in developing the curriculum at SMP Muhammadiyah 3 Waru. Hopefully, this research can provide benefits to schools in understanding the foundation of curriculum development to optimize school potential. This study uses the Library Research approach according to the theory of John W. Creswell. The research subject is Document 1 SMP Muhammadiyah 3 Waru Sidoarjo. The results showed that the Waru 3 Muhammadiyah Junior High School curriculum had included 5 foundations that had been mandated by the Sidoarjo Regency Education Office; Philosophical foundation, Sociological foundation, Psychopedagogical foundation, Theoretical foundation and Juridical Foundation. However, on the philosophical foundation and sociological foundation, the Waru 3 Muhammadiyah Middle School Curriculum Document has not yet delved deeper into the uniqueness of Muhammadiyah as an Islamic missionary movement. Thus the need for strengthening the value of the two bases of Muhammadiyah so that the uniqueness of SMP Muhammadiyah 3 Waru as part of the preaching of Muhammadiyah can be raised.


 


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis kritis Kerangka Dasar ( Landasan Kurikulum) dalam mengembangkan kurikulum di SMP Muhammadiyah 3 Waru. Diharapkan, Penelitian ini bisa memberikan manfaat terhadap sekolah dalam memahami landasan Pengembangan Kurikulum untuk mengoptimalkan potensi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Library Research sesuai teori John W. Creswell. Subyek Penelitian adalah Dokumen 1 SMP Muhammadiyah 3 Waru Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum SMP Muhammadiyah 3 waru sudah mencantumkan 5 landasan yang telah diamanatkan oleh Dinas pendidikan Kabupaten Sidoarjo; landasan Filosofis, Landasan Sosiologis, landasan Psikopedagogis, landasan Teoritis dan Landasan Yuridis. Namun, pada landasan Filosofis dan Landasan Sosiologis, Dokumen Kurikulum SMP Muhammadiyah 3 waru belum menggali lebih mendalam keunikan Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam. Dengan demikian perlua adanya penguatan nilai kemuhammadiyahan kedua landasan itu sehingga keunikan SMP Muhammadiyah 3 Waru sebagai bagian dari dakwah Muhammadiyah bisa dimunculkan.

Article Details

Section
Articles

References

Azwar, Saifuddin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dakir, H. 2004. Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Ibnu, Suhadi. 1945. “Menyikapi KTSP sebagai Tantangan untuk Menyelenggarakan Pembelajaran yang Lebih Baik.” : 51–56.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: pustaka setia.
Megawanti, Priarti. 2015. “Meretas permasalahan pendidikan di indonesia.” Formatif Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(3): 227–34.
Mu’arif. 2008. Liberalisasi Pendidikan, Menggadaikan Kecerdasan Kehidupan Bangsa. Yogyakarta: Pinus.
Rosmiaty Azis. 2016. “Kerangka dasar dalam pengembangan kurikulum 2013.” Jurnal Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 5: 286–92.
Sobarningsih, Nunung, Hamdan Sugilar, and Rikrik Nurdiansyah. 2019. “‘ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN GURU MATEMATIKA.’” ." Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 3.1: 67–84.
Yurni, Samsila, dan H Erwin Bakti. “Pengembangan kurikulum di sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.” Laporan Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Palembang Sumatra Selatan, Progran Studi Administrasi Pendidikan,(tth).: 293–306.
Zakaria, Muh. 2018. “Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Standar Pendidikan Nasional (Analisis Struktur Fungsi).” eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam 12(1): 22.