Analisis Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar (Studi tentang implementasi system Full Day School dalam Menguatkan Karkater Siswa)

Main Article Content

erna mufidah

Abstract

Abstrak : Tulisan ini membahas tentang Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar (SD). Kurikulum merupakan wahana belajar mengajar yang dinamis sehingga perludikembangkan dan dievaluasi secara berkelanjutan Oleh karena itu proses pengembangan kurikulum merupakan suatu upaya menentukan arah dan proses penyelenggaraan berdasarkan siatuasi dan tingkat kebutuhan masyarakat yang berkembang disekitarnya. Implementasi system full day school dalam menguatkan karakter peserta didik merupakan bentuk pengembangan kurikulum sekolah dasar yang didasarkan pada perkembangan situasi sosial dan kebutuhan wali murid (masyarakat) sehingga pengembangan kurikulum tidak bisa dilepaskan dari proses perumusan tujuan, penentuan isi, penentuan model kegiatan dan merumuskan evaluasi yang didalamnya melibatkan peran serta masyarakat sebagai stakeholder pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif-deskriptif yang diharapkan mampu mengungkap berbagai informasi dengan deskripsi-analisis yang teliti dan penuh makna.Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, para dewan guru dan karyawan sekolah lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapaun tehnik analisa datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan analisa data. Hasil penelitian diantaranya adalah (a) pengembangan kurikulum adalah suatu uapaya yang wajib dilakukan dalam penyelenggaraan pendidikan secara berkelanjutan (b) pemilihan model pengembangan kurikulum menjadi kunci sukses penyelenggaran kurikulum pendidikan oleh karena itu harus didasarkan pada tingkat kebutuhan public serta perubahan sosial budaya yang ada disekitarnya.


Kata Kunci : Model Pengembangan Kurikulum, full day school dan karakter


 


Abstract : This article study about elementary school curriculum development model. This curriculum is the way of learning dynamic so that require to be developed and evaluated on an ongoing basis therefore process curriculum development represent an effort determine process and direction management based on situation and level requirement of society expanding that around. Applying of full day school day system in strengthening participant character educated to represent relied on elementary school curriculum development form is social situation development and requirement of pupil society so that curriculum development cannot be discharged from formulation process of is target, determination of content, determination of model, activity and formulate evaluation in it entangle role and also society to education stakeholder. this research [is] including descriptive research type qualitative which expected can express various  information with checked analysis deskripsi and full of meaning. Source of data in this research cover headmaster, vice princple of curriculum, vice principle of student, all council learn and other school employees. Data collecting conducted with interview, observation, and documentation. As for technique analyse its data pass step reduce data, presentation and and data analysis. The result of research among others is ( a) curriculum development [is] an effort which is obliged to be conducted in management of education on an ongoing basis (b) election model curriculum development become successful key of education curriculum effectuation therefore have to be relied on level requirement of public and also social change of existing culture that around.


Keywords: Curriculum development, full day school. Character.


 

Article Details

Section
Articles