Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Iptek

Main Article Content

Bachtiar Adi Saputra

Abstract

Abstract : This study aims to describe the development of an Islamic education curriculum that integrates the objectives of Islamic education with the development of science and technology. The research method used was a qualitative descriptive approach. The rapid development of science and technology requires schools as educational institutions to prepare graduates according to their needs, by developing an educational curriculum that is following technological and scientific developments such as curriculum principles regarding relevance or suitability. In the application of the Islamic education curriculum after the 2003 National Education System Law, the integration of Islamic and science and technology values ​​can be done at the beginning of the formulation of institutional goals, curriculum objectives, and learning objectives that demonstrate the mission of integration between Islam and science and technology. These objectives will become the basis for teachers as curriculum designers to plan materials, methods, media, and evaluations that are consistent with these objectives. This is following the objectives of Islamic education which ideally functions to foster and prepare students who are knowledgeable, technologically, highly skilled, and at the same time have faith and do good deeds.


Keywords: curriculum development, Islamic education, science and technology


 


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan kurikulum pendidikan Islamyang mengintegrasikan tujuan pendidikan Islam dengan perkembangan zaman khusunya perkembangan iptek. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat menuntut sekolah sebagai lembaga pendidikan untuk menyiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan, dengancara mengembangkan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan seperti prinsip kurikulum tentang relevansi atau kesesuaian. Dalam penerapan kurikulum pendidikan Islampasca UU sisdiknas 2003, integrasi nilai-nilai Islam dan iptek dapat dilakukaan saat awal perancangan tujuan instusional hingga penerapannya pada kurikulumnya memperlihatkan adanyapengembanganyang menggabungkan nilai-nilai Islam dan kemajuan iptek. Perancangan tersebutmenjadi landasan pendidik dalammerencanakan tujuan pembelajaran, materi maupun metode, serta evaluasi kegiatan pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan Islamyaitu membangun karakter peserta didik yang berlandaskan iman dan taqwa serta memiliki keterampilan tingkat tinggi dalam bidang pengetahuan dan teknologi.


Kata Kunci : pengembangan kurikulum, pendidikan Islam, ilmu pengetahuan dan teknologi

Article Details

How to Cite
Saputra, B. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi: Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Iptek. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 10(1), 267–281. https://doi.org/10.52640/tajdid.v10i1.190
Section
Articles

References

Abuddin, Nata. Sejarah Pendidikan Islam; pada periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, cet. Ke-2, 2010.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta : Kencana kerja sama dengan UIN Jakarta Press., 2012.
Bagir, Zainal Abidin. Integrasi Ilmu dan Agama, Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan Pustaka, 2005.
BPS. Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia pada Tahun 2017. Badan Pusat Statistik, Jakarta: www.bps.go.id, 2018.
Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia . Jakarta: PT Rhinneka Cipta, 2009.
Depdiknas. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.
Fadjar, Malik A. Visi Pembaruan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3I, 1998.
Hajar, Ibnu. Panduan Kurikulum Tematik Untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Diva Pres, 2013.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
Hasibuan, Lias. Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.
Marliana. “Anatomi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Dinamika Ilmu, Vol. 13 No. 2., Desember 2013: 137-160.
Mujib, Abdul, dan Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana. Cet. II., 2008.
Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2008.
Mustaqim, Yunus. “Pengembangan Konsepsi Kurikulum Dalam Pendidikan Islam.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 9, No. 1, 2014.
Ramayulis, dan Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Rohman, Mujibur. “Problematika Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal madaniyah Edisi VIII, 2015.
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Sayyi, Achmad. “Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam dalam Perspektif Azyumardi Azra.” Tadris: Volume. 12, Nomor 1., 2017.
Soetopo, Hendyat, dan Wasty Soemanto. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1986.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.