Implementasi Card Sort dan Index Card Match Mata Pelajaran Qur'an Hadis Guna Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI MI Muhammadiyah Nogosari Kulon Progo Tahun Pelajaran 2018 / 2019

Main Article Content

Suyono Suyono

Abstract

Banyaknya siswa yang prestasi belajarnya kurang dalam pembelajaran disebabkan salah satunya karena proses pembelajaran selama ini belum melibatkan siswa secara aktif, sehingga prestasi belajar siswa jauh dari yang diharapkan,oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Peningkatan Prestasi siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis  melalui Strategi Cart short dan Index card match  pada siswa kelas VI MI Muh. Nogosari Kulon Progo tahun pelajaran 2018/2019.


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan melibatkan empat komponen yakni: Planning (rencana), Action (tindakan), Observation (pengamatan), Reflection (refleksi). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Muh. Nogosari Kulon Progo yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif.


Dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode Cart short dan Index card match dalam pembelajaran Al-qur’an Hadis  mampu meningkatkan  prestasi belajar  siswa kelas VI MI Muh. Nogosari Kulon Progo tahun pelajaran 2018/2019. Pada siklus I prestasi belajar Al-Qur’an hadis  siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya Strategi Cart short dan Index card match . Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 57%, dan pada siklus II sebesar 83,78%.


Hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai bahan rujukan bagi kami  untuk meningkatkan Prestasi belajar peserta didik.

Article Details

Section
Articles

References

Ali, Muhammad. 1993. Strategi Penelitian Statistik. Bandung: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto,Suharsimi. et.al.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Buku Daftar Nilai Harian Kelas V MIN Ngestiharjo Wates Kulon Progo 2012/20013
Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Research. Jilid 1.Yogyakarta: Andi Offset
Koentjaraningrat.1991. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia
Moleong, J Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Purwanto, Ngalim. 1998. Psikologi Pendidikan, Rosda Karya, Bandung.
Shadily Hasan dan Echols M. John . 1992. Kamus Inggris –Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia
Silberman, L, Melvin. 2005. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, penerjemah: Sarjuli et.al.Yogyakarta: Yappendis
SM, Isma’il. 2009. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan), Semarang: Rasail
Sugiyono. 2005. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Yamin, Martinis dan Maisah. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Jakarta: GP Press.
Wardani, I.G.A.K. 2004. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Wiriaatmaja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya