المناهج التعليمية للغة العربية ÙÙŠ تطوير المÙردات لغير الناطقين بها
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan Hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik. Problem utama yang menjadi penghalang dalam mempelajari bahasa ialah pengetahuan dan pengenalan siswa terhadap bahasa lain, terutama bahasa Arab. Oleh karena itu, siswa dalam mempelajari bahasa Arab harus ada usaha dan kesadaran dengan seluruh daya upaya untuk membentuk suatu kebiasaan baru. Selain itu dalam pengajaran bahasa Arab bagi orang non Arab merupakan problematika tersendiri, karena di dalamnya banyak terdapat segi-segi kekurangan dan kelemahan, baik teori maupun pada keilmiahannya, kurikulum, metode pengajaran, masalah sarana pengajaran, ciri-ciri pendidik yang diperlukan dan sebagainya. Suatu kasus terjadi ketika kurikulum pembelajaran dalam pemberian kosakata, ternyata tidak mampu diserap dengan baik oleh peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya kemampuan mereka dalam evaluasi pembelajaran, sehingga perlu diadakan reformulasi yang tepat guna demi efektifitas pembelajaran.Dalam hal ini adalah kurikulum pembelajaran dalam pemberian kosakata bahasa Arab.