Desain Pendidikan Islam Masa Depan (Refleksi Pencarian Model Pendidikan Islam Ideal Dalam Perspektif Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman)

Main Article Content

Sirojun Nasihin

Abstract

Tulisan ini didasari atas kegelisahan akademik penulis dan merupakan hasil renungan penulis terhadap fenomena kehidupan ummat Islam khususnya ummat Islam Indonesia di era modern ini yang disajikan dengan tujuan mengajak semua pihak untuk melihat dengan jeli terhadap kenyataan hidup yang terbentang saat ini dan memikirkan solusi terbaik untuk mengatasi persoalan ini terutama dalam menata dunia pendidikan Islam agar dapat menjadi contoh yang baik (uswatun hasanah) bagi kehidupan manusia.


Tulisan ini bersifat argumentatif dengan pendekatan fenomelogi  dan data pendukung dikumpulkan melalui kajian pustaka dari beberapa referensi yang digunakan dalam perkuliahan filsafat ilmu-ilmu keIslaman yang penulis ambil secara umum.


Dari uraian yang tidak terlalu panjang, penulis membuat beberapa catatan akhir yang pada prinsipnya mengandung kritik terhadap penyelenggaraan pendidikan Islam yang belum oftimal dan sangat mengharapkan dilakukannya reformasi bahkan revolusi cara berfikir sehingga dapat ditemukan suatu model pendidikan Islam yang ideal sesuai dengan tuntutan al-Qur’an dan sunnah Rasulullah saw.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Qur’an al-Karim
Abdul Baqi, Muhammad Fu’ad, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazi al-Qur’an al-karim, CV. Diponegoro, Bandung, 1939
Al-Hasyimi Beik, Sayyid Ahmad, Mukhtar Al-Ahadits Al-Nabawiyyah, Maktabah Dar Ihya al-Kutub al-‘Arabiyyah, indonesia, 1948.
Auda, Jaser, A System Aproach To Islamic Juridical Theories, (pdf)
El-Fadl, Khaleed Abou, Speaking In God’s Name : Islamic Law, Authority, And Women, Oxford, Oneworld Publication, 2003.
Hasan, M.Arfan Mu’ammar Abdul Wahid dkk, Studi Islam Perspektif Insider/outsider, Yogyakarta, Ircisod, 2013.
Muhammad Abid Al-jabiri, Bunyah al-‘Aql Al-‘Arabi : Dirosah Tahliliyyah Naqdiyyah Li al-Nizham al-ma’rifah Fi al-Tsaqafah al-‘Arabiyyah, Beirut, Al-Markaz Al-Tsaqafi Al-‘Arabi, 1993.
---------------, Takwin al-‘Aql al-‘Arabi, Beirut, Al-Markaz Al-Tsaqafi al-‘Arabi, 1991.
Pasiak,Taufiq, Revolusi IQ/EQ/SQ : Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Qur’an dan Neurosains Mutakhir, Mizan, Bandung, 2008.
Syahrur, Muhammad, Nahwu Ushul al-jadidah li Al-Fiqh al-Islam : Fiqh al-mar’ah, Damaskus, Al-Ahali li al-Thiba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’, 2000.
Safi, Omid, Progressive Muslims: On Justice, Gender, And Pluralism, England, OneWorld Publications, 2003.