جماليات الأساليب اللغوية في تركيب ألفاظ القرآن (دراسة وصفية عن ألفاظ القرآن)

Main Article Content

Ahmadi Ahmadi
Khoeron Khoeron

Abstract

Bahasa Arab sebagairumpunbahasaSemit, memilikikontribusi yang sangatbesardalammengembangilmupengetahuan, salah satunyadalambidangilmubahasa dan sastra.Bagisoerang Muslim bahasa Arab sangatbesarperanannyadalammebangunilmu Agama da peradaban,bahasa arab mempunyai keistimewaan, karena bahasa arab menjadi bahasa Al-Qur’an. Dengan memahami bahasa Arab maka dapat mengerti isi kitab suci yang pedoman utamaumatIslam. Keunggulan bahasa arab dengan bahasa tidak hanya terletak sebagai bahasa agama, bahkan bahasa arab mempunyai keistimewaan dalam segi ilmu bahasa dan satra. Dengan mengkaji ilmu bahasa dan sastra akan dapat menikmati keindahan tata bahasa Al-Qur’an yang merupakan unsur I’jaz Al-Qur’an. Maka kesempurnaan dan keindahan tata bahasa Al-Qur’an inilah yang menjadikan tidak ada yang mampu meniru bahasa Al-Qur’an. Studi pustaka adalah metode penelitian yang cocok digunakan dalam mengupas keindahan struktur dan gaya bahasa Al-Qur’an.


Bahasa Arab dalamilmuperadaban modern telah dipilih sebagai media bahasa komunikasi untuk setiap penutur bahasa di dunia. Dan dipilih untuk membuktikan rahasia dari bahasa Al-Quran. Banyak hasil penelitian telah dilakukan oleh para peneliti yang mempelajari bahasa dari multi perspektif, yang merupakan bukti bahwa bahasa ini unik dan memilki kekhususandibanding bahasa-bahasa lainnya. Dalam tulisan yang sederhana ini akan sedikit memaparkan beberapa perspektif tentang bahasa Arab. Serta menjelaskan tentangciri-ciri gaya bahasa Al-Qur'an antara kata-kata dan kalimat dalam sura Al-Qur'an yang memiliki dialek yang unik, nada rangkuman, dan ketelitian sehingga mudah dipahami, dan jawaban yang masuk akal untuk jiwa atau hati, keindahan makna adalah ketentuan yang sangat jelas, berat dan ketepatan ungkapan. Kemudian ada berbagai metode bahasa Al-Qur’an, yaitu metode diskusi berupa uslub bahasa yang memberikan manfaat untuk menemukan kebenaran untuk mendapatkan hidayah, danuslub sumpah (Qasam), uslum Amtsal, dan uslub kisah untuk mengetahui peristiwa sebelumnya.

Article Details

Section
Articles

References

الرومي، فحد بن عبد الرحمن، (2000)، خصائص القرآن الكريم، الرياض: مكتوبة التوبة، الطبع 10.
زاركاشي، (١٩٨٧) البرهان في العلوم القرآن، بيروت-لبنان: دار الفكري، المجلد. 1.
الزرقاني، محمد عبد العظيم. (١٩٩٥) مناهل العرفان في علوم القرآن، بيروت-لبنان: دار الكتاب العربي.

Abdurrahman,Hafidz. (2004) Ulumul Qur’an Praktis, Bogor: Pustaka Utama.
An-Najdi, Abu Zahra. (1996) Al-Qur’an dan Rahasia Angka-angka, Bandung: PustakaHidayah.Muhammad,Azhar Bin.BeberapaAspekKeunikan Dan KeistimewaanBahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran, JurnalSainsHumanika E-ISSN: 2289-6996, Malaysia: PenerbitUniversitasTeknologi Malaysia.
Aminullah, Uslub Al-Qur’an, Fakultas Sastra Jurusan Bahasa Arab Universitas Sumatera Utara, Http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1635/1/ArabAminullah3.Pdf).
Anwar,Rosihon. (2005) Ilmu Tafsir, Bandung: Pustaka Setia.
Ash-Shaabuuny,Muhammad Ali. (1998) Studi Ilmu Al-Qur'an, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ash-Shidieqy, Hasbi. (2002)Ilmu-Ilmu Al-Qur`an, Semarang : PT Pustaka Rizki Putra.
Al-qattan,Manna Khalil. (2011) Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur`an, Bogor : Pustaka Litera AntarNusa.
Fattah, Munawwir Abdul dan Bisyri,Adib (1999)Kamus al-Bisyri, Surabaya: Pustaka Progresif.
Darbi,Ahmad.(2001), Ulum Al-Qur`an,Riau :Suska Press.