The Effectiveness Of E-Writing Materials To Teach Writing Skill For Second Grade Students Of Junior High School

Main Article Content

Hanif Maulaniam Sholah
Bunyani Bunyani

Abstract

Praktek menulis sangat penting bagi siswa. Siswa yang semakin sering praktek, maka akan semakin meningkat keterampilan mereka. Untuk membuat siswa bersemangat menulis paragraf ataupun esai, dibutuhkan media yang dapat menarik mereka untuk selalu menulis. Baru-baru ini, media yang disediakan oleh sekolah hanya buku atau modul. Siswa bosan dengan media tersebut. Mereka tidak antusias untuk menulis. Di sini, peneliti ingin mencoba suatu media software yang dikembangkan oleh Dianne Zairina. Media software ini adalah Bahan E-Writing. Peneliti ingin mengetahui apakah bahan E-Writing dapat menarik motivasi siswa atau tidak. Penelitian ini berupa desain penelitian quasi-eksperimental dengan dua kelompok sampel yang tidak diacak. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Munawwariyyah. Populasinya adalah siswa kelas dua di mana masing-masing kelas rata-rata terdiri dari 32 siswa. Sampel diambil dari kelas A sebagai kelompok eksperimen dan kelas B sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki prestasi menulis lebih baik daripada kelompok kontrol. Berdasarkan nilai rata-rata posttest dari kelompok kontrol bertahan di 77,44 sedangkan nilai rata-rata dari kelompok eksperimen meningkat ke 82,44. Selain itu, berdasarkan observasi peneliti, ada respon yang baik dari siswa terhadap bahan E-Writing. Siswa menikmati Bahan E-Writing. Dapat disimpulkan bahwa E-Writing adalah bahan media yang efektif bagi guru Bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis Bahasa Inggris di sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Anita, Ika Wahyu. “Pengaruh Motivasi Belajar ditinjau dari Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis”. Jurnal STKIP Siliwangi Bandung, 2. 2 (2015). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/index/about
BSNP. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus. Jakarta: Depdiknas, 2007.
Floris, Debora. “Using Information and Communication Technology (ICT) To Enhance Language Teaching & Learning: An Interview with Dr. A. Gumawang Jati”. TEFLIN Journal, 25. 2, July (2014).
Harmer, Jeremy. How to Teach English: An Introduction to The Practice of English Language Teaching. England: Longman, 1998.
Hasanah, Nurul. “Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Fisika dengan Model Collaborative Learning di Kelas X Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School.” Journal Online Mahasiswa Unri, 4. 1 (2016). http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/index
Hidayati, Wati. “The Effectiveness of Indonesian English Teachers Training Programs in Improving Confidence and Motivation.” International Journal of Instruction, 4. 1, January (2011).
Pallant, Jullie. SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using SPSS (version 10). Victoria: Faculty of Education Monash University, 2000.
Said, Abdurrahman, Statistik Pendidikan Menggunakan SPSS. Yogyakarta : UDARSH, 2016.
Yuniarti, Rohmah Dwi. “Pengaruh Sikap Dan Gender Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa SMP Negeri Kelas VII Di Kecamatan Sleman Yogyakarta”. Jurnal Kependidikan Universitas Negeri Yogjakarta, 4. 1 (2014). http://journal.uny.ac.id/index.php/jk
Zairina, Dianne. “Developing E-Writing Material for Second Grade Students in SMP Negeri 21 Malang”. Journal Edu, 4. 3, August (2015).
Wawancara dengan Prayoga Setiawan dan Lailatul Rifah, Guru Bahasa Inggris di MGMP Kabupaten Malang, 30 Agustus 2016